PENGARUH FASILITAS DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN HOTEL ANGKASA GARDEN PEKANBARU

Categorie(s):
   SKRIPSI
Author(s):
   JODIKA UNI JAYA,2023
Advisor:

ISSN/ISBN:

eISSN/eISBN:

Keyword(s):
Fasilitas, Persepsi Harga dan Kepuasan Konsumen
DOI:
Abstract :
ABSTRAK

PENGARUH FASILITAS DAN PERSEPSI HARGA
TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN HOTEL
ANGKASA GARDEN PEKANBARU

Hotel Angkasa Garden Pekanbaru merupakan salah satu hotel bintang tiga yang
terdapat di Kota Pekanbaru. Hotel ini menawarkan harga dan juga dilengkapi dengan
fasilitas yang cukup memadai baik itu dari parkir, taman, sarapan pagi yang gratis, sakura
swimming pool, Ballroom dan Metting Room yang nyaman untuk acara keluarga maupun
perkantoran. Penelitian dilakukan pada Hotel Angkasa Garden Pekanbaru di Jl. Dr Setia
Budi No. 107. Penelitian ini dilakukan selama enam bulan dari bulan Oktober 2022 sampai
dengan April 2023. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen yang telah menginap di
Hotel Angkasa Garden Pekanbaru. Kemudian teknik yang dipakai adalah teknik simple
random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak
tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu.jumlah sampel yang diambil
dalam penelitian ini sebanyak 100 konsumen.
Penelitian ini dilakukan selama enam bulan dari bulan Oktober 2022 sampai
dengan Maret 2023. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen yang telah menginap di
Hotel Angkasa Garden Pekanbaru. Kemudian teknik yang dipakai adalah teknik simple
random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak
tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu.jumlah sampel yang diambil
dalam penelitian ini sebanyak 100 konsumen. Berdasarkan hipotesis dan analisa hasil
penelitian, dapat disimpulkan bahwa F hitung F tabel yaitu 164,457 3,09 dengan sig 0,000
0,05, Hal ini menunjukkan bahwa modal regresi dapat digunakan untuk menguji pengaruh
secara simultan variabel independen terhadap variabel dependen, yaitu Fasilitas dan
persepsi harga simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.Hasil penelitian ini
menyatakan bahwa nilai sig untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0,000 0,05
dan nilai t hitung 5,376 1,98472 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang
berarti fasilitas memiliki pengaruh signifikan dalam menentukan tingkat kepuasan
konsumen. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai sig untuk pengaruh X2 terhadap Y
adalah sebesar 0,000 0,05 dan nilai t hitung 4,850 1,98472, sehingga dapat disimpulkan
bahwa H2 diterima yang berarti terdapat pengaruh X2 terhadap Y
Kata Kunci : Fasilitas, Persepsi Harga dan Kepuasan Konsumen