PENGARUH PELAYANAN PRIMA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN PADA RSUD ARIFIN ACHMAD DI KOTA PEKANBARU

Categorie(s):
   SKRIPSI
Author(s):
   INDRI NOVRIA,2023
Advisor:

ISSN/ISBN:

eISSN/eISBN:

Keyword(s):
Pelayanan Prima, Kepercayaan, dan Kepuasan
DOI:
Abstract :
PENGARUH PELAYANAN PRIMA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP
KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN PADA RSUD ARIFIN
ACHMAD DI KOTA PEKANBARU


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pelayanan Prima
dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Peserta BPJS Kesehatan pada RSUD Arifin
Achmad di Kota Pekanbaru. Tempat penelitian ini dilaksanakan pada RSUD
Arifin Achmad. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 pasien dengan teknik
pengambilan sampel purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner dengan menggunakan analisis
linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil analisis linear berganda
menghasilkan nilai Y = 11,969 + 0,602 X1 + 0,049 X2 dan hasil uji t Pelayanan Prima (X1) menghasilkan thitung = 14,274 > t tabel 1,984. Kepercayaan (X2)menghasilkan t hitung = 1,054 < t tabel 1,984. Hasil uji F F hitung > F tabel atau110,032 > 3,09 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil uji koefisien determinasi menghasilkan nilai Adjusted R Square = 68,8, artinya 68,8% secara
simultan variabel pelayanan prima (X1) dan kepercayaan (X2) memberikan kontribusi terhadap variabel kepuasan (Y) sebesar 68,8% sementara sisanya 32,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Pelayanan Prima, Kepercayaan, dan Kepuasan