PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR KRISTEN KALAM KUDUS PEKANBARU

Categorie(s):
   SKRIPSI
Author(s):
   ELVINA,2023
Advisor:

ISSN/ISBN:

eISSN/eISBN:

Keyword(s):
Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Kinerja Guru
DOI:
Abstract :
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI
PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR
KRISTEN KALAM KUDUS PEKANBARU

ABSTRAK

Oleh:
Elvina
NIM. 1961201021

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi
pedagogik dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Kristen
Kalam Kudus Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
variabel kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru.
Jumlah sampel penelitian ini adalah seluruh guru tetap pada Sekolah Dasar Kristen
Kalam Kudus Pekanbaru yang berjumlah 33 orang guru. Metode pengumpulan data
yang digunakan yaitu dengan penyebaran angket, dengan teknik pengambilan
sampel yaitu teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi liner berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis.
Hasil uji parsial menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik berpengaruh
terhadap kinerja guru, hal ini ditunjukkan dengan pengujian H
1
yang diketahui nilai
sig. untuk pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja adalah sebesar 0,000 <
0,05 dan nilai t
hitung
4,033 > 2,04227. Sedangkan kompetensi profesional dinyatakan
tidak berpengaruh terhadap kinerja guru, hal ini ditunjukkan dengan pengujian H
2

yang diketahui nilai sig. untuk pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja
adalah sebesar 0,858 > 0,05 dan nilai t
hitung 0,181 < 2,04227. Dan untuk hasil uji
secara simultan diketahui nilai sig. untuk pengaruh kompetensi pedagogik dan
kompetensi profesional secara simultan terhadap kinerja adalah sebesar 0,000 <
0,05 dan F hitung 28,560 > 3,32 yang menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik dan
kompetensi profeionsl guru berpengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja
guru. Dan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional memberikan
kontribusi sebesar 63,3% terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Kristen Kalam
Kudus Pekanbaru, sisanya 36,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Kinerja
Guru