KREASI MODEL BISNIS APLIKASI KESEHATAN MENTAL HEAL UP SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN EMOSI DAN SPIRITUAL

Categorie(s):
   SKRIPSI
Author(s):
   DION FITRUS,2023
Advisor:

ISSN/ISBN:

eISSN/eISBN:

Keyword(s):
Kesehatan, Business Model Canvas, Analisis SWOT
DOI:
Abstract :
ABSTRAK
KREASI MODEL BISNIS APLIKASI KESEHATAN MENTAL
HEAL UP SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN
EMOSI DAN SPIRITUAL
OLEH:
DION FITRUS
1961201074
Kesehatan tidak hanya berkaitan dengan fisik. Namun kesehatan juga
berkaitan dengan mental. Kesehatan mental sangat penting bagi setiap orang,
karena dapat membentuk kepribadian seseorang. Banyak penggiat yang peduli pada
permasalahan ini sehingga terciptalah berbagai layanan kesehatan, dari layanan
konvensional hingga layanan moderen yang berbasis aplikasi . Pada saat ini banyak
aplikasi berbasis online yang bertujuan agar mudah dijangkau oleh masyarakat luas
sehingga terciptanya kesadaran dan kepedulian masyarakat kepada kesehatan
mental sendiri. Banyak strategi masing-masing pengembang aplikasi kesehatan ini
sehingga terciptalah persaingan antar pengembang. Namun setiap pengembang
tentu memiliki cara sendiri dalam membentuk dan membangun sistem serta strategi
perusahaan. Seperti penggunaan Business Model Canvas (BMC). Business Model
Canvas ini bertujuan untuk membantu perusahaan untuk mengenali apa yang
menjadi value proposition perusahaan, serta bagaimana membangun dan
menjalankan key activities dan key resources dalam menciptakan value proposition
dan mendapatkan revenue streams, memahami bagaimana produk dan jasa yang
ditawarkan perusahaan dapat dikomunikasikan dengan baik kepada konsumen. Dan
analisis ini juga dibantu oleh alat analisis lainya yaitu analisis SWOT. Yaitu untuk
memetakan apa saja yang menjadi Strenghts usaha ini dan menemukan weakness
sehingga menciptakan Opportunity dan dapat meminimalisir threaths dikemudian
hari. Karena setiap strategi perusahaan sangat berpengaruh terhadap menentukan
langkah-langkah yang diambil untuk kemajuan perusahaan.
Kata Kunci: Kesehatan, Business Model Canvas, Analisis SWOT