KREASI MODEL BISNIS TECHTWO BASKETBALL ACADEMY (BISNIS MODEL CREATION)

Categorie(s):
   SKRIPSI
Author(s):
   BENI SURIA HERI ANGGARA,2023
Advisor:

ISSN/ISBN:

eISSN/eISBN:

Keyword(s):
Basket, Business Model Canvas, Analisis SWOT
DOI:
Abstract :
KREASI MODEL BISNIS TECH TWO BASKETBALL ACADEMY


ABSTRAK

OLEH :

BENI SURIA HERIANGGARA
NIM. 1861201031
Perkembangan basket di indonesia sangatlah pesat, mulai dari mahasiswa ada LIMA
(Liga mahasiswa), di umur pelajar sma/smk ada DBL (Devlopmental basketball
league), untuk pelajar smp ada JRBL (Junior basketball league), Dan untuk anak-
anak ada Junior NBA yang dimana anak usia 8 sampai 14 tahun diberikan
kesempatan di latih oleh para pelatih yang berpengalaman dari NBA bagi atlit yang
terpilih akan di berangkatkan ke amerika untuk seleksi kembali dengan atlit seluruh
dunia memperebutkan beasiswa basket hingga kuliah di pekanbaru sendiri liga untuk
anak usia dini ada kiddie league yang berlangsung selama 2 bulan bertunjuan untuk
meningkatkan kualitas atlit basket di pekanbaru dari usia 8-12 tahun. Berbicara
tentang industri tidak terlepas dari suatu kegiatan bisnis yang dilakukan baik itu
memproses, mengolah barang dan jasa dengan menggunakan sarana atau peralatan
yang ada secara terus menerus (Sudharto 2007:156). Industri olahraga memiliki
manajemen marketing yang baik, bisa diartikan dengan manajemen pemasaran.
Menurut Kotler (1995) dalam Grinting (2011:15) pemasaran adalah proses sosial dan
manajerial di mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan
dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran produk bernilai dengan orang lain. Pemasaran olahraga dapat diartikan dalam beberapa sudut pandang yaitu
pemasaran olahraga sebagai pemasaran langsung dalam hal yang berkaitan dengan
olahraga, seperti pemasaran atlet, pemasaran pertandingan, dan pemasaran liga.
Pemasaran itu dapat berlangsung melalui olahraga, seperti yang dilaksanakan oleh
perusahaan dalam rangka menjual produk olahraga atau nonolahraga, eperti
penggunaan Business Model Canvas (BMC). Business Model Canvas ini bertujuan
untuk membantu perusahaan untuk mengenali apa yang menjadi value proposition
perusahaan, serta bagaimana membangun dan menjalankan key activities dan key
resources dalam menciptakan value proposition dan mendapatkan revenue streams,
memahami bagaimana produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan dapat
dikomunikasikan dengan baik kepada konsumen. Dan analisis ini juga dibantu oleh
alat analisis lainya yaitu analisis SWOT. Yaitu untuk memetakan apa saja yang
menjadi Strenghts usaha ini dan menemukan weakness sehingga menciptakan
Opportunity dan dapat meminimalisir threaths dikemudian hari. Karena setiap strategi
perusahaan sangat berpengaruh terhadap menentukan langkah-langkah yang diambil
untuk kemajuan perusahaan.
Kata Kunci: Basket, Business Model Canvas, Analisis SWOT